Apa itu Chromebook ? - KUBURANDAENK Blog

Apa itu Chromebook ?

 

Pernah dengar yang namanya Chromebook? mungkin Chromebook tidak asing di telinga sahabat Media Infonetku, tapi sebenarnya apa sih yang namanya Chromebook? dan apa bedanya dengan Notebook, Netbook, juga Ultrabook?

Semakin canggihnya technology sekarang, semakin banyak juga istilah yang digunakan disetiap keluaran baru dari berbagai produk andalan setiap pelaku bisnis technology. Chromebook adalah PC atau yang sering disebut Personal Computer atau Notebook atau kita sering sebut Laptop yang menggunakan Google Chrome OS (Opertion System) buatan mbah google. Nah apa lagi itu Chrome OS ? berikut admin jelaskan sedikit tentang Chromebook yah.

Apa Itu Google Chrome OS

Google Chrome OS itu adalah Operasi Sistem Berbasis Linux yang didesign oleh Google agar bekerja lebih eksklusif dengan Aplikasi Web, Projek Open Source yang mereka sebut dengan Chromuim OS.

Nah Chrome OS ini sudah di perkenalkan sejak 7 July 2009 dan dan dikerjakan oleh Open Source sejak November 2009 yang disebut denga Chromium OS.

Apa Bedanya Google Chrome OS dengan Android ?
Yups? Walaupun kedua OS ini sama-sama di design oleh Google Inc dan juga sama-sama berbasis Linux tapi kedua OS ini di design untuk perangkat keras berbeda.
Google Chrome OS Android
Untuk Personal Computer/Notebook Untuk Mobile/Smartphone

Mitra Google Chrome OS
Dulu awalnya Google Chrome OS mengumumkan akan bermitra dengan beberapa penyedia perangkat keras yang menggunakan Operasi Sistem seperti Acer, Asus, Samsung Lenovo, Toshiba juga Dell namun pada tahun 2011 Google mengumumkan bahwa secara komersial Perangkat keras yang memakai Chrome OS diproduksi oleh perusahaan yaitu Acer dan Samsung.

Chromebook Samsung dan Acer
Sudah pernah lihat dong produk Chromebook ini, seperti apa sih produk Chromebook?
Berikut ini admin berikan salah satu produknya dari kedua mitranya.

samsung google chromebook
Samsung Chromebook (Wi-Fi, 11.6-Inch)

Produk dan Fitur
Model: XE303C12-A01US
CPU: Exynos 5200 1.7 GHz
Memory: 2GB DDR3 SDRAM
Hard Disk: 16GB
Processors: 2
11.6 inches Display
Built-in dual band Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
acer chromebook
Acer AC700-1090 11.6-Inch Chromebook (3G)

Produk dan Fitur
Model: AC700-1090
CPU: Atom N570 1.66 GHz
Memory: 2GB SDRAM
Hard Disk: 16GB
Processors: 1
Intel Atom N570 Processor 1.66GHz (1MB Cache)
11.6-Inch Screen, Intel GMA 3150
Google Chrome, 6 hours Battery Life

So, bagaimana menurut sahabat  berminatkah? Tapi sayangnya Chromebook ini kurang populer dari hadirnya Smartphone Android, Tablet Android, apalagi hadirnya iPad dan iPad mini bahkan iPhone 5 yang terbaru dari iPhone.

 Apalagi saat ini kehadiran OS terbaru dari windows yaitu Windows 8 yang kini bisa di nikmati di berbagai perangkat keras seperti Smartphone, Tablet, Desktop, Laptop atau Notebook dan kini technology terbaru dari Intel "Ultrabook" dimana dejalan dengan OS Windows 8.

Posting Komentar