Trik Aman Menggunakan Fasilitas Wifi Umum - KUBURANDAENK Blog

Trik Aman Menggunakan Fasilitas Wifi Umum

Logo WI-FI

Kalian pasti pernah atau sering pake wifi di tempat umumkan ? contoh nya di cafe, mall, bandara, kampus, sekolah nah kali ini saya mau kasih tips aman biar data-data penting yang ada di laptop,t ab, atau smartphone kalian tetap aman dari tangan-tangan tak bertanggung jawab sebut saja hacker ngahahaaaa

Fasilitas Wi-Fi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan koneksi jaringan internet tanpa harus mencolokkan kabel jaringan. Penggunaannya sangat fleksibel dan tidak merepotkan karena Anda hanya tinggal menghidupkan mode on pada sinyal wifi pada laptop atau ponsel Anda. Saat inipun sudah banyak cafe atau restorant atau tempat khusus yang menyediakan fasilitasi wi-fi baik gratis atau berbayar.

Namun, Anda juga perlu waspada karena menggunakan wi-fi pada notebook, tablet, atau smartphone lainnya tanpa proteksi akan membuat perangkat Anda terserang virus. Sehingga hal ini menjadi peluang para hacker untuk menjebol sistem keamanan Anda dan mengganggu privasi Anda.

Agar aman dari gangguan hacker tersebut saat menyalakan wi-fi Anda dapat mengikuti tips berikut ini :

1. Matikan Mode Sharing (Berbagi)Agan perlu mematikan mode sharing pada perangkat Agan.

Misalnya pada PC Windows, pengaturan mode sharing terdapat pada pengaturan Jaringan dan Internet di dalam Control Panel. Ada pilihan berbagi seperti file, printer dan jaringan yang ditemukan. Jika Anda menggunakan S.O Mac, maka masuklah ke System Preferences, kemudian Sharing, dan matikan semua tanda cek pada pilihan yang ada di pengaturan itu.

2. Instal Virtual Private NetworkVirtual private network (VPN) merupakan cara paling aman untuk melakukan browsing.

Proteksi pada VPN sangat efektif jika Agan sedang menggunakan fasilitas internet publik seperti Wi-Fi. Agan bisa memanfaatkan layanan VPN gratis yang tersedia secara umum. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi data pribadi Agan agar tidak dicuri.

3. Hindari sambungan WIFI otomatisUsahakan saat menghubungan jaringan Wi-Fi jangan menggunakan setting Conect Automatically.

Lakukan koneksi Wi-Fi pulbik atas izin Agan karena terhubungan Wi-Fi secara otomatis merupakan peluang bagus untuk hacker yang ingin mencuri data pribadi Agan.

4. Pastikan Website yang Agan kunjungi memiliki teknologi Secure Socket Layer (SSL)
Biasanya peluang untuk menyusup dalam jaringan koneksi Agan bagi para hacker adalah memanfaatkan struktur sebuah situs yang pada dasarnya hanya mentransfer konten dalam bentuk teks biasa. 

Agan dapat membuat koneksi terenkripsi dengan ekstensi browser SSL Everywhere sehingga Agan tidak harus tergantung dengan layanan situs untuk perlindungan. Aktifkan plugin tersebut, sehingga semua data akan aman.

5. Hidupkan Firewall dan software Antivirus Perlindungan awal merupakan hal utama yang harus Agan lakukan. Sistem operasi sekarang ini banyak dilengkapi dengan sistem firewall sebagai monitor keluar masuknya koneksi. Walaupun firewall tidak secara lengkap memberikan perlindungan tetapi jika mengaktifkan cara tersebut akan cukup membantu Agan. Jangan lupa untuk menggunakan anti-virus terbaru untuk peringatan pertama saat sistem operasi terkena gangguan virus dari internet.

Nah itu tips yang saya kutip dari beberapa forum terbesar di Indonesia J semoga bermanfaat.