Front End Developer - KUBURANDAENK Blog

Front End Developer


Front end developer, merupakan seorang developer program dalam bidang lebih ke user interface  / pengguna antarmuka atau mungkin bisa dikenal UInya, tampilan programnya.

Dalam proses tahapan pembuatan program atau biasa dikenal dengan software, dibagi menjadi dua bagian yaitu front end dan back end. Bahkan ada juga langsung developer ahli di kedua bidang front end dan back end nya, yaitu dinamakan full stack developer.

Pada postingan ini akan dibahas untuk front end devoloper. Seorang front end developer merupakan tahap awal ketika pembuatan program dimana konsumen akan memberikan prototype program atau mungkin seorang front end menawarkan bentuk prototype yang sudah ada. Seorang front end akan membuat tampilan program dari design content, layout content sesuai dengan permintaan konsumen. 

Dalam bidang pemrograman web, seorang front end di tuntut menguasai bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS dan javascript (untuk lebih interaktif). dimana ketiga bahasa pemrograman tersebut merupakan pemrograman dasar, seperti html merupakan dasar program web, css untuk design layout content full, dan javascript untuk lebih interaktif uinya.

Bahasa pemrograman untuk developer front end pun berkembang dari versi HTML5, CSS3, serta Javascript dengan library nya, seperti JQuery, AngularJS. Untuk mempermudah sebuah pekerjaan dari front end sekarang juga banyak sebuah framework berkembang. Dimana seorang front end akan di tuntut cepat dan responsive untuk membuat layout program.

Di antara framework yang berkambang seperti Bootstrap, foundation, materlize, dan masih banyak lagi. Dengan adanya sebuah framework mungkin pekerjaan akan lebih mudah dan fast, tanpa harus mebuat dari nol.

Terimakasih!