Kata kunci adalah dasar dari optimasi mesin pencari dan pemasaran mesin pencari. Orang-orang menelusuri web untuk informasi, produk, dan layanan setiap hari, dan mesin telusur adalah tempat pertama yang mereka pilih untuk menemukan informasi yang menarik. Dengan menggunakan kata kunci, orang dapat menemukan apa yang mereka cari di mesin pencari. Inti dari promosi apa pun di mesin pencari adalah menghubungkan pencarian dengan situs web Anda. Kehadiran bisnis Anda di mesin pencari dibatasi oleh kata kunci. Mengetahui secara spesifik kata kunci mana yang digunakan orang untuk menemukan produk Anda atau informasi tentang layanan Anda dapat memberi Anda keuntungan yang signifikan. Inilah mengapa kata kunci dibutuhkan dalam SEO.
Berikut cara memilih kata kunci yang tepat untuk SEO:
Gunakan Alat Kata Kunci
Riset kata kunci tidak hanya penting untuk tujuan SEO, tetapi juga untuk kampanye SEM berbayar Anda. melakukan riset kata kunci, Google menyediakan alat yang sangat kuat, Google Keyword Planner. Dengan menggunakan Google Keyword Planner, yang dapat dianggap sebagai alat kata kunci gratis, Anda dapat melihat kata kunci SEO atau melihat kata kunci dari situs pesaing. Perencana Kata Kunci Google akan memberikan informasi tentang kata kunci dan frasa yang digunakan orang untuk menemukan produk Anda di kueri penelusuran mereka. Anda juga akan mempelajari frasa mana yang tidak relevan dengan kutipan Anda. Bagi mereka yang memiliki anggaran lebih besar, Anda dapat menggunakan alat kata kunci profesional seperti semrush ahrefs.
Menggunakan data historis di Google Analytics
Alat lain yang dapat digunakan adalah Google Analytics. Anda dapat menggunakannya untuk melacak banyak jenis lalu lintas dari mesin pencari. Saat menganalisis lalu lintas organik ke situs web Anda, Anda akan dapat melihat kata kunci mana yang telah digunakan pengunjung Anda untuk mencapai situs web Anda sejauh ini.
Analisis Tren Penelusuran
Variabel lain yang harus Anda ingat adalah tren pencarian. Jika kata kunci yang Anda pilih cocok dengan tren pencarian lokal atau global (tergantung pada bisnis Anda), Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi dari kata kunci Anda. Jika tidak, yang terbaik adalah melakukan riset tambahan dan menambahkan beberapa kata kunci dan variasi baru ke daftar kata kunci Anda. Untuk menganalisis tren pencarian, Anda dapat menggunakan alat Google Trends.
Analisis pesaing Anda
Anda juga dapat memeriksa seberapa banyak persaingan yang dimiliki kata kunci pilihan Anda. Masukkan beberapa kata kunci pilihan Anda dan lihat hasil yang akan muncul. Periksa apakah penawaran pesaing Anda tersedia dan lihat apakah tautan iklan dari penawaran serupa muncul. Jika ya, maka ini merupakan indikasi bahwa ini adalah kata kunci yang ingin Anda targetkan untuk situs web Anda di mesin pencari.
Jenis-Jenis Keyword
Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya kata kunci mana yang harus dipilih. Saat menulis artikel ini, saya bertanya pada diri sendiri, "Kata kunci apa yang harus saya fokuskan untuk mendapatkan hasil terbaik?". Melakukan penelitian memberitahu saya bahwa jenis kata kunci dalam SEO dapat dibedakan berdasarkan jumlah kata yang digunakan.
Short Tail Keywords
Short Tail Keywords adalah kata kunci yang biasanya terdiri dari 1-2 kata. Kata kunci ini masih bersifat umum atau tidak spesifik, hal yang digunakan orang untuk mencari. Secara umum, kata kunci ekor pendek dapat memberikan banyak lalu lintas, tetapi juga sangat kompetitif dan tidak cukup spesifik untuk menautkannya ke situs web Anda. Contoh kata kunci: "Kata kunci SEO"
Mid Tail Keywords
Mid Tail Keywords adalah kata kunci yang biasanya terdiri dari 2-3 kata. Kata kunci mid-tail memberikan keseimbangan yang baik antara lalu lintas dan relevansi ke situs web Anda. Contoh kata kunci: "kata kunci SEO terbaik"
Long Tail Keywords
Long Tail Keywords adalah kata kunci yang biasanya terdiri dari 4 kata atau lebih. Kata kunci ini sangat spesifik dan memiliki persaingan yang rendah. Kata kunci ekor panjang memang memiliki lebih banyak kata daripada kata kunci ekor pendek dan ekor menengah, tetapi statistik menunjukkan bahwa kata kunci ekor panjang mendorong sekitar 70% lalu lintas internet. Kata kunci ekor panjang tidak akan membawa Anda banyak lalu lintas, tetapi mereka akan membawa Anda pengguna yang sangat spesifik. Contoh kata kunci: "Cara memilih kata kunci SEO terbaik"
Demikian, itulah pembahasan mengenai Cara Mudah Memilih Keyword Yang Tepat Untuk SEO, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua. Sekian dan Terimakasih.