Cara Mudah Install VirtualBox di Windows 11 dan Windows 10 - KUBURANDAENK Blog

Cara Mudah Install VirtualBox di Windows 11 dan Windows 10


VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang bertindak sebagai perangkat simulasi pada sistem operasi. VirtualBox berjalan di atas sistem operasi, dan teknologi VirtualBox memungkinkan untuk menjalankan satu sistem operasi di atas yang lain. Sebagai contoh: Saya menggunakan Windows, tetapi saya ingin mencoba Linux dan tidak ingin melakukan booting ganda di komputer saya, jadi VirtualBox dapat menjalankan OS Linux di dalam OS Windows. Kemudian, Anda perlu menginstal VirtualBox.

VirtualBox dikembangkan dan dimiliki oleh Oracle. Komputer yang disimulasikan oleh VirtualBox disebut Guest, dan host adalah komputer tempat VirtualBox diinstal. Oleh karena itu, artikel ini akan menggabungkan gambar untuk menjelaskan cara menginstal VirtualBox, sehingga memudahkan Anda dalam menginstal VirtualBox. Berikut cara menginstal Virtual Box di Windows.

Cara Install VirtualBox di Windows

Tentu saja, sebelum menginstal, Anda harus mengunduh file terlebih dahulu. Dan, berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal VirtualBox:

1. Download Installer VirtualBox dari laman resminya atau silahkan kunjungi link berikut https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads. Pilih Windows HOST karena kita menggunakan sistem operasi Windows. Pada saat artikel ini dibuat, versi VirtualBox adalah versi 6.1.30.

2. Setelah berhasil di download, silahkan buka file yang telah didownload tadi. File tersebut Bernama VirtualBox-6.1.30-148432-Win.

3. Jika sudah dijalankan, maka akan muncul installer seperti berikut. Dan silahkan klik next.


4. Akan terdapat Custom Setup, untuk halaman ini tidak usah diapa-apain saja kecuali kalua mau locationnya dipindahin juga boleh sesuai kebutuhan saja. Jika sudah klik Next.


5. Akan terdapat 4 ceklisan, dan pilih semua kemudian klik Next.


6. Di halaman ini, Anda akan menerima peringatan bahwa koneksi jaringan Anda akan diatur ulang dan terputus sementara selama proses instalasi. Jadi anda tidak perlu khawatir karena nanti akan terbuka sendiri. Kemudian klik Yes untuk melanjutkan.


7. Klik Tombol Install untuk memulai instalasi.


8. Saat menginstal VirtualBox, Kontrol Akun Pengguna akan muncul meminta konfirmasi. Silakan klik Ya untuk melanjutkan.

9. Selama instalasi, Windows Security akan muncul dan centang "Oracle Corporation" dalam bentuk software Always trust. Contoh ini untuk mencegah Windows memunculkan kembali kotak dialog saat menginstal aplikasi lain dari Oracle. Kemudian klik Instal untuk melanjutkan.


10 . Proses Instalasi VirtualBox berjalan dan silahkan tunggu hingga selesai.


11. Terakhir akan muncul jendela notifikasi yang menyatakan bahwa proses instalasi VirtualBox sudah selesai. Silahkan klik Finish untuk menyelesaikan proses instalasi


12. VirtualBox berhasil diinstall, dan pada gambar di bawah ini merupakan tampilan VirtualBox yang baru selesai kita install.


Setelah berhasil menginstal VirtualBox, Anda perlu menginstal Paket Ekstensi VirtualBox untuk menggunakan perangkat lunak ini secara normal. Berikut cara menginstal Paket Ekstensi VirtualBox.

Cara Install VirtualBox Extensions Pack

Paket Ekstensi dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas di VirtualBox. Fitur-fitur ini mendukung USB 2.0 dan 3.0, VirtualBox Remote Desktop Protocol, host webcam passthrough, dan banyak lagi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menginstal paket ekstensi VirtualBox:

1. Kamu dapat mendownload VirtualBox Extensions Pack dari laman resminya atau silahkan kunjungi link berikut https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads. Terdapat Bagian Virtual Box Oracle VM VirtualBox Extensions Pack. Dan silahkan klik All Suported Platforms untuk mendownload extensions ini.


2. Pada saat artikel ini dibuat adalah versi 6.1.30, maka file extensions packnya Bernama Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-6.1.30.


3. Silahkan double klik file yang sudah tadi didownload.

4. Otomatis akan membuka VirtualBox dan terdapat kotak dialog untuk menginstall Extensions Pack, silahkan klik install.


5. Kemudian terdapat VirtualBox License silahkan baca terlebih dahulu sampe selesai dan kemudian klik I Agree.


6. Jika extension pack sudah terinstall, secara otomatis akan muncul kotak dialog yang menandakan extension pack sudah berhasil terinstall.


7. Kamu dapat mengecek extensions ini terinstall atau tidaknya pada bagian File kemudian klik Preferences dan pilih extensions. Nanti akan ada seperti gambar berikut.


8. Oracle VM VirtualBox Extensions Pack telah berhasil di-install.

Anda telah berhasil menginstal VirtualBox dan ekstensinya. Kemudian langkah selanjutnya Anda bisa mulai menginstal OS yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menginstal Kali Linux di Virtual Box, Anda dapat mengunjungi artikel di bawah ini.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Install VirtualBox di Windows 11 dan Windows 10 hingga selesai. Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak.

Posting Komentar