Apa Itu ChatGPT? Chatbot Canggih yang Bisa Menjawab Apa Saja! - KUBURANDAENK Blog

Apa Itu ChatGPT? Chatbot Canggih yang Bisa Menjawab Apa Saja!


OpenAI adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI). ChatGPT dibuat oleh OpenAI, jadi bisa dikatakan Chat GPT adalah model bahasa kecerdasan buatan berupa program ChatBot, yang dapat memprediksi kemungkinan kata berdasarkan teks yang kita kirimkan, sederhananya, bot akan menjawab pertanyaan kita.

ChatGPT juga dilatih pada data yang sangat besar menggunakan teknik pembelajaran mesin sehingga dapat memprediksi dan menghasilkan teks yang sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan. Sebelum lebih jauh memahami apa itu ChatGPT dan cara menggunakan chat GPT yang bisa menjawab pertanyaan apapun, ada baiknya kita mengenal dulu kecerdasan buatan.

Kecerdasan buatan (AI) atau kecerdasan buatan adalah simulasi kecerdasan buatan yang dimiliki manusia, digunakan untuk memodelkannya dalam mesin dan memprogramnya untuk berpikir seperti manusia. Dapat dikatakan kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia atau human intelligence.

Penerapan kecerdasan buatan di masyarakat sudah meluas. Bot kecerdasan buatan yang populer saat ini dapat membuat gambar dan ilustrasi, dan sekarang ChatGPT dapat membantu dalam komunikasi virtual dan dapat menjawab pertanyaan apa pun.

Apa Itu ChatGPT

ChatGPT adalah bot dengan sistem yang dapat digunakan siapa saja, namun dengan batasan tertentu. GPT juga dapat diakses secara bebas untuk menggunakan beberapa fiturnya. Menggunakan bot kecerdasan buatan ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan respons suara yang sangat baik karena dioptimalkan untuk memberikan jawaban yang akurat dan bermanfaat bagi pengguna.

ChatGPT dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan kemampuan pemrosesan bahasa, seperti mencari informasi, membuat konten teks, sebagai chatbot, menerjemahkan teks, atau membuat teks. Penggunaan saya tidak terbatas pada contoh-contoh tersebut, tetapi tergantung pada kebutuhan dan kreativitas pengguna.

GPT menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk mempelajari pola dalam teks dan dengan menggunakan dokumen teks yang tersedia dan didistribusikan secara luas di Internet untuk memprediksi kemungkinan kata berdasarkan konteks pertanyaan Anda, memungkinkan ChatGPT beradaptasi dengan berbagai jenis bahasa dan gaya penulisan jawaban.

Cara Menggunakan Chat GPT

Cara menggunakan ChatGPT sangat sederhana, cukup ajukan pertanyaan atau perintah melalui teks dan ChatGPT akan memberikan jawaban atau mengeksekusi perintah tersebut dengan kemampuan terbaiknya. Namun, ada 3 cara menggunakan ChatGPT, yaitu:

Melalui website: Kamu dapat mengajukan pertanyaan atau perintah kepada saya melalui website yang menyediakan layanan ChatGPT, seperti openai.com atau chatbot.id.

Melalui aplikasi: Anda juga dapat menggunakan ChatGPT melalui aplikasi yang menyediakan layanan ChatGPT, seperti aplikasi chatbot atau asisten virtual.

Integrasi melalui API: Anda dapat menggunakan Saya dengan mengintegrasikan layanan ChatGPT ke dalam aplikasi atau situs web Anda melalui API (Application Programming Interface). Anda dapat mengakses dokumentasi dan mengajukan permohonan akses API di situs web OpenAI.

Tetapi yang paling umum digunakan dan paling mudah digunakan adalah dengan melalui website di halaman https://chat.openai.com/chat. Sebelum Kamu dapat menggunakan layanan ChatGPT diwajibkan untuk melakukan login terlebih dahulu dan jika belum mempunyai akun dapat registrasi terlebih dahulu.

Terdapat kotak untuk mengirim pesan atau bertanya. Anda dapat mencoba melakukannya dengan mengajukan pertanyaan. ChatGPT hanya perlu menunggu beberapa detik untuk memberikan jawabannya.

Berikut adalah contoh percakapan atau pertanyaan saya di ChatGPT:



ChatGPT diharapkan menjadi salah satu mesin penjawab di masa depan, orang dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengandalkan orang untuk menjawab secara manual. Perlu juga dicatat bahwa ChatGPT memiliki kemampuan terbatas untuk memahami percakapan.

Cara Daftar ChatGPT di OpenAI

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan layanan ChatGPT. Anda dapat menggunakan akun Google Anda atau mendaftar seperti biasa.
  • Buka halaman https://chat.openai.com/ pada browser.
  • Pada halaman pertama, Kamu diharuskan untuk login dan jika tidak punya akun silahkan klik Sign Up untuk mendaftar.
  • Kamu dapat menggunakan email langsung, atau dapat menggunakan akun Google dan Microsoft.
  • Jika Menggunakan Akun Google atau Microsoft malah akan muncul pop up untuk pilih akun. Silahkan pilih akun email yang ingin digunakan untuk daftar.
  • Setelah mendaftar dengan akun berhasil, maka konfirmasi nama dan nomor telepon untuk kode verifikasi.
  • Masukan kode verifikasi yang dikirim ke nomer Kamu melalui SMS atau Whatsapp.
  • Selamat, kamu dapat menggunakan layanan ChatGPT.
Perlu dicatat bahwa ChatGPT tidak selalu menghasilkan jawaban yang benar-benar bermakna atau emosional.

Terima kasih telah membaca apa itu ChatGPT dan bagaimana menggunakan artikel Chat GPT, ini dapat menjawab pertanyaan apa pun. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan gunakan kotak komentar dengan bijak.

Tetap semangat dalam belajar dan jangan patah semangat karena sejatinya robot tidak akan bisa menggantikan manusia.

Posting Komentar