Cara Mudah Install Kali Linux di VirtualBox Pemula Mudah dan Cepat - KUBURANDAENK Blog

Cara Mudah Install Kali Linux di VirtualBox Pemula Mudah dan Cepat


Kali Linux adalah distribusi pengujian keamanan dan penetrasi paling populer di dunia atau distribusi yang dibuat khusus untuk pengujian penetrasi. Jika Anda mengetahui Backtrack, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Kali Linux. Bisa dibilang Kali Linux adalah versi terbaru dari Backtrack. Bagi pengguna Windows, Anda mungkin baru mengenal sistem operasi Linux. Karena biasanya para penggiat IT dan programmer banyak yang menggunakan Linux dalam aktivitas sehari-hari.

Anda dapat menginstal Kali Linux dengan mengganti sistem operasi yang ada atau dengan membuat dual boot, tetapi menggunakan mesin virtual juga merupakan pilihan yang baik dan aman. Oleh karena itu, bagi sobat yang ingin mengenal Linux atau Kali Linux, sangat disarankan untuk menginstall Kali Linux di virtualbox terlebih dahulu.

Padahal, sistem operasi Linux lebih ringan dari Windows. Namun tampilan di Linux sangat berbeda dengan Windows, karena perintah harus dimasukkan di Linux, dan struktur file sedikit lebih rumit daripada di Windows. Tentu saja, karena itulah Linux hanya populer di kalangan penggiat IT dan programmer.

Menggunakan Kali Linux di mesin virtual tidak akan mempengaruhi sistem operasi utama Anda, membiarkannya tidak tersentuh sama sekali, dan lebih aman untuk tahap pembelajaran. Perlu diingat juga pada artikel kali ini sistem operasi kali linux adalah 2021 versi 4a. Lalu, berikut cara install Kali Linux di Virtualbox dengan cepat dan mudah.

Namun sebelum itu, Anda perlu menginstal VirtualBox terlebih dahulu, jika Anda sudah menginstal VirtualBox, Anda dapat mengabaikan paragraf ini. Namun, jika Anda belum menginstal VirtualBox, baca artikel di bawah ini untuk menginstal VirtualBox di Windows.

Cara Install VirtualBox di Windows

Bagi yang belum install VirtualBox, kunjungi link artikel di bawah ini dan ikuti terus agar proses install berjalan lancar tanpa gangguan.

Cara Install Kali Linux di VirtualBox

Sedikit saya tekankan lagi, untuk kamu yang sedang belajar menggunakan Linux atau baru dalam Linux maupun Kali Linux saya sangat menyarankan untuk menggunakan VirtualBox. Dengan begitu kamu tidak perlu kebingunan untuk menginstall dan menjalankannya. Berikut adalah cara menginstall Kali Linux di VirtualBox.

1. Pertama, kamu harus mempunyai dulu sistem operasi Kali Linux Virtual Machinesnya terlebih dahulu. Karena dengan begini, kamu dapat mudah menginstallnya.

2. Kamu dapat mendownload Kali Linux pada laman resminya melalui link berikut https://www.kali.org/get-kali/.



Dan pilih Virtual Machines karena kita akan menggunakan virtual machines sangat direkomendasikan memilih yang Virtual Machines, karena jika memilih bare metal maka kamu akan mendapatkan .iso-nya walau memang bisa di VirtualBox tetapi sangat direkomendasikan yang Virtual Machines agar lebih mudah dan sesuai wadahnya.

3. Setelah klik Virtual Machine, maka akan muncul pilihan VMware atau VirtualBox, karena kita menggunakan virtual box silahkan klik tombol download disebelah kiri bacaan torrent. Dan jangan lupa pilih juga tipe bit sistem operasi kamu berapa, baik itu 64-bit atau 32-bit.


4. Tunggu hingga proses download selesai.


5. Setelah proses download selesai, kamu dapat langsung mendouble klik file yang telah di download tadi, file tersebut Bernama kali-linux-2021.4a-virtualbox-amd64.


6. Lalu akan otomatis muncul Import Virtual Appliance dan silahkan pilih Machine Base Folder sesuai yang kamu inginkan. Tetapi sangat disarankan untuk langsung klik import saja, karena ini sudah setting terbaik untuk VirtualBox Kalian. Jadi, silahkan langsung klik tombol Import dan tunggu proses import selesai.


7. Setelah proses Import selesai, maka disebelah kiri akan terdapat virtual machine baru Bernama kali-linux-2021.4a-virtualbox-amd64, kamu dapat langsung menklik tombol Start untuk menjalankan Virtual Machine Kali Linux tersebut.


8. Setelah di-start akan terdapat pilihan sebagai berikut, kamu dapat langsung memilih yang paling atas atau Kali GNU/Linux dan enter atau tunggu Booting Otomatis selama 5 detik.


9. Setelah proses pemilhan Kali GNU/Linux maka akan langsung masuk ke halaman log in user, kamu dapat mengisikan username dengan kali dan password kali. Itu merupakan password default dari kali linuxnya.


10. Setelah berhasil masuk, kali linux dapat kamu gunakan.


Kamu dapat menggunakan atau mengikuti tutorial yang telah disediakan pada dokumentasi Linux Debian di Internet atau dapat langsung mengikuti dokumentasi dari Kali Linuxnya dengan menggunakan link berikut https://www.kali.org/docs/.

Kita telah berhasil menginstall Kali Linux pada VirtualBox. Terima kasih telah membaca artikel Cara Mudah Install Kali Linux di VirtualBox Pemula Mudah dan Cepat hingga selesai. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar dengan bijak.

Posting Komentar