7 Alat SEO Gratis Untuk Blogger dan Wordpress - KUBURANDAENK Blog

7 Alat SEO Gratis Untuk Blogger dan Wordpress

SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress

Optimasi SEO sangat penting dalam dunia blogging. SEO On-Page memainkan peran kunci dalam menentukan peringkat halaman blog untuk menghasilkan lalu lintas.

Optimalisasi SEO dapat mencakup antara lain kata kunci, pengoptimalan gambar, SEO on-page, dan pemeriksaan plagiarisme. Oleh karena itu, kita membutuhkan berbagai jenis SEO tools yang dapat digunakan pada blog atau website di Wordpress atau Blogger.

7 Alat SEO Gratis Untuk Blogger & Wordpress

Semua alat SEO yang akan kami bahas di sini benar-benar gratis, dan sebagian besar online, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah.

Berikut 7 SEO Tools Gratis untuk Blogger dan Wordpress :

  • Research Keyword

Ada banyak alat riset kata kunci atau keyword yang tersedia di internet. Salah satu alat research keyword gratis yaitu UberSuggest.

Alat penelitian kata kunci gratis ini mengintegrasikan hasil Google Trends dan Penargetan Kata Kunci Google untuk YouTube dan blog.

Selain dapat diakses melalui web, Uber Suggest juga menawarkan ekstensi Chome bernama Ubersuggest - SEO & Keyword Discovery, yang bagus untuk menghasilkan volume pencarian instan, BPK, dan persaingan.

  • Pemeriksa Plagiarisme

Google dan pengunjung blog kita lebih menyukai konten yang menarik dan unik dari kebanyakan konten di blog lain.

Jangan sampai ada plagiat yang terdapat di konten situs web. Jadi alat terbaik untuk memeriksa plagiarisme adalah duplichecker.

Selain memeriksa kemungkinan plagiarisme, pastikan juga kita menggunakan gambar bebas royalti atau hak cipta. Ada banyak situs yang menyediakan gambar bebas hak cipta.

  • Optimasi Gambar

Optimasi gambar tentu sangat penting untuk mengurangi waktu loading website. Sangat penting untuk menentukan format gambar web, salah satunya adalah jenis gambar dalam format webp.

Jenis gambar webp sering digunakan untuk tujuan blogging konten web. Karena ukurannya 26% hingga 34% lebih kecil dari format gambar lain seperti Jpeg dan PNG.

Jadi di sini kamu dapat menggunakan alat online untuk mengconvert gambar webp seperti web tools image to webp.

  • Thumbnail Generator

Selain judul, isi thumbnail sangat penting dalam artikel untuk menarik pengunjung membaca konten artikel yang telah kita buat.

Ada banyak tools gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Thumbnail artikel, salah satu yang saya rekomendasikan adalah Canva karena dapat digunakan secara gratis.

  • Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah layanan gratis dari Google yang menyediakan analisis perkembangan kinerja blog.

Alat tersebut dapat memantau jumlah pengunjung aktif, lokasi sumber lalu lintas secara real time.

  • Google PageSpeed Insights

Kecepatan memuat situs web, terutama di perangkat seluler, adalah salah satu metrik terpenting dalam hasil penelusuran Google.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan website lambat loading, mulai dari gambar, script, dan lainnya.

Alat untuk mengukur kecepatan situ web gratis yaitu Google PageSpeed Insights. Dengan alat milik Google ini, kita bisa melihat skor kecepatan blog dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan.

Dengan cara ini kita dapat mengetahui kecepatan kinerja blog, dan lebih mudah menjaga kinerja SEO agar blog selalu dapat diakses dengan cepat.

  • Google Search Console

Google Search Console adalah alat SEO gratis Google dengan kemampuan untuk mengidentifikasi data blog.

Ada beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan sepenuhnya secara gratis, mulai dari menganalisis lalu lintas blog, menyiapkan peta situs blog, melihat tautan hitam, mempercepat perayapan, dan lainnya.

Dengan banyaknya fitur yang membantu di dalam Google Search Console akan lebih mudah untuk meningkatkan SEO blog kita.

Nah itu tadi SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.

Posting Komentar