Makin Ganas, Virus Menyebar via Facebook Chat - KUBURANDAENK Blog

Makin Ganas, Virus Menyebar via Facebook Chat

Facebook

Banyak cara yang dilakukan para pembuat virus untuk melakukan aksinya. Bahkan baru-baru ini pengguna Facebook di Indonesia diresahkan dengan virus yang beredar lewat Facebook Chat.

Menyebarkan program jahat melalui Facebook memang bukanlah hal baru, namun apa yang dilakukan ini terbilang luar biasa. Ia menyebarkan diri melalui pesan instan di Facebook dengan menyamar sebagai teman calon korbannya.

Hebatnya lagi, malware ini memanfaatkan layanan berbagi file Sendspace. Berikut adalah contoh penyebaran virus tersebut .


Mengirimkan pesan dengan menyamar sebagai pengguna Facebook lainnya tentu sangat meyakinkan, dan jika sudah terjebak, maka korban akan dikirimkan file seperti gambar di bawah ini.


Selain file berekstensi .zip, virus tersebut juga disebarkan dalam file lain berekstensi .scr.


Saat korban mengeksekusi file tersebut maka saat itu juga virus di dalamnya akan aktif di komputer korban yang menggunakan Windows. Virus ini tidak bersifat merusak dan aktivitasnya tidak mencurigakan, namun secara otomatis akan menyebarkan diri melalui akun Facebook lainnya.

Untuk mencegah hal ini pengguna disarankan 'memagari' dengan antivirus yang paling update, atau lebih gampangnya teliti dulu sebelum pengguna memutuskan mengunduh file yang tidak jelas asal usulnya.

Posting Komentar